Minggu, 02 April 2017

Lekker Holand

Bismillahirrahmanirrahim.....
Alhamdulillah ...... Allah memberi kita berjuta kenikmatan setiap harinya, dimulai membuka mata sampai menutup mata di kala malam menjelang. Namun kita manusia selalu suka lalai akan kenikmatanNya.........harus selalu bersyukurr dan selalu  bersyukur... Fabiayyi alaa' i rabbikumu tukadziban.....

Memulai postingan di awal bulan April.......yup.... boterkoek atau dutch buttercake ..dan lebih dikenalnya lagi dengan nama Lekker Holand, setiap orang di dunia perbakingan pasti tidak asing lagi dengan sebutan nama ini.
Cake ini berasal dari belanda dan biasanya disuguhkan sebagai pelengkap secangkir teh hangat. Pembuatan kue ini komposisinya lebih banyak menggunakan buter dan merupakan type butercake .... Soal rasa .... seperti makan cake dan cookies, yang jelas ini kue favorit najwa.... 




Saya menggunakan loyang 20x20 cm sehingga menghasilkan kue yang tidak begitu tebal dan tidak terlalu tipis. Topingnya bisa menggunakan apa saja seperti kismis ataupun kacang almond slice, tetapi saya lebih suka memakai keju. Pembuatannya simple nggak ribet, dan saya memakai resep yang sudah mondar mandir di grup NCC yang sumber resep aslinya saya tidak tahu punya siapa.


Lekker Holand

Bahan :
1. 200 gr butter ( saya memakai blueband )
2. 200 gr gula pasir
3. 250 gr tepung terigu
4. 1 butir telur
5. 2  bngkus vanili bubuk dan garam sedikit

Olesan : kuning telur dan keju untuk taburan

Cara Membuat :
1. Panaskan Oven....siapkan loyang ukuran 20x20 cm olesi dengan margarin dan beri sedikit taburan tepung terigu. Sisihkan...
2. Kocok buter, gula, telur, vanili dan garam sampai lembut dan mengembang
3. Masukkan tepung terigu dan aduk rata menggunakan spatula
4. Kemudian tuang ke loyang......ratakan dan buat garis dengan menggunakan garpu di atas adonan dan poles dengan kuning telur
5. Oven sampai matang sekitar 20-30 menit , lakukan tes tusuk.
6. Matang dan siap disajikan.....

Mudah bukannn ??? bahan dan caranya nggak ribet jadi bisa di praktekkan....

Selamat mencoba☺☺☺



" Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya  pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan ( pula ) Kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang -orang yang bersyukur "
   ( QS Al Imran : 145 )

Rabu, 15 Maret 2017

Fudge Brownies





nyummiiii.....ini brownies recomended deh....I like it.....my favoritttt...
coklatnya endess bangettt.....
Masih memakai resep fudge brownies Laura Vitale....
Saya suka tekstur yang crunchy di luar namun basah di dalam...coklatnya yang banyak...endes deh..
yuuk cekidot resepnya :


Fudge Brownies Laura Vitale

Bahan :

1. 140 gr buter
2. 198 Bittersweet Chocolate / Dark Cooking Chocolate ( Aku pake 200 gr) lelehkan
     dengan cara di tim
3. 75 gr tepung terigu 
4. 2 butir telur
5. 225 gr gula pasir
6. 2 sdt vanila bubuk/vanila extract
7. 1/4 sdt garam
8. 1 sdm coklat bubuk
9. 2 sdm air panas
10. 1 sdt instan ekspreso powder ( aku pake 1 sdm kopi bubuk/nescafe )

Cara membuatnya
1. Panaskan oven. Siapkan loyang ukuran 18x18 cm, oles margarin alasi dengan kertas 
    roti
2. Campur dan aduk air panas dengan ekspreso powder/nescafe, sisihkan
3. Kocok gula dan butere dengan tangan, boleh memakai mixer...gunakan yang low speed 
    sampai lembut.
4. Tambahkan telur satu persatu, vanila extract dan larutan kopi...aduk rata
5. Tambahkan dcc cair ...aduk
6. Dan tambahkan bahan kering ( terigu, coklat bubuk dan garam ) sambil diayak terlebih 
    dahulu. Aduk asal tercampur rata
    Catatan : jangan mengaduk terlalu lama karena akan merusak adonan
7. Panggang kurang lebih 35-40 menit tergantung panas oven masing2 yaa..
8. Angkat, dinginkan dan potong2 sesuai selera


Untuk toping optional yaa...bisa memakai kacang mede, kacang almond,  kacang tanah yang sudah disangrai atau bisa juga pakai oreo.Tergantung selera deh....



Happy baking....☺☺☺







'" Dia menciptakan kamu dari yang satu ( Adam ) kemudian darinya Dia jadikan pasangan nya dan dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian, dalam tiga kegelapan. Yang ( berbuat ) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Dia, maka mengapa kamu dapat 
dipalingkan ?? " 
( Q.S Az Zumar 6 )

Senin, 29 Agustus 2016

Banana Cake




Bismillahirrahmanirahim....
Alhamdulillah...Allah masih memberi karunianya buat kita,masih diijinkan bernafas menikmati sejuknya pagi dan senyumnya mentari. Bersyukur dan selalu bersyukur....

Walau agak nggak enak body harus memaksakan diri buat uplek di dapur gara-gara liat pisang di kulkas dah pada menghitam semua. Sayang dong kalo dibiarkan mubazir di tong sampah,mending diekskusi aja biar bisa dimakan heheh......ceritanya tetep ya emak2 nggak mau rugi.
Kali ini bikinnya yang g mau ribet biar cepet kelar akhirnya bikinlah banana cake...


Sebenernya udah sering bikin banana cake tapi dari resep yang berbeda beda pula. Nah kali ini kepincut sama banana cake nya mbak nina di instagram ... akhirnya dicoba dehh....
tapi takaran gulanya agak dikurangi sedikit takut terlalu manis soalnya pisangnya udah manis tuh hehe...

yuukk langsung cekidot ini dia resepnya....

Banana Cake ala Jullie Hasson

Bahan :
- 225 ml minyak sayur
- 225 gr gula ( aku pake 200 gr )
- 1 sdt vanila
- 4 butir telur
- 425 pisang haluskan ( aku pake 7 pisang sisaan / g pake timbang2 heh )
- 350 gr terigu
- 1 sdt b powder
- cocochip & kacang2 an ( aku pake dcc, keju dan almon slice )



Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C siapkan 2 loyang loaf ( aku pake 1 loyang loaf ... hasilnya tinggi buu...)
2. olesi loyang dengan margarin tabur tepung sedikit
3. Kocok gula dan minyak sampai rata dan masukan vanila
4. Tambahkan telur satu persatu sambil terus dikocok
5. Tuangkan pisang sedikit sedikit hingga tercampur rata dan matikan mixer
6. Tambahkan campuran tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak
7. Aduk rata dengan menggunakan spatula jangan overmix
8. Tuang ke loyang taburi bahan taburan dan oven 40 menit sampai matang ( karena saya pake 1 loyang loaf dan tinggi maka lama ovennya saya tambahin ) sesuai oven masing masing yaa....
9. Lakukan tes tusuk ,angkat dan biarkan hangat.




Alhamdulillah rasanya enak.... bisa buat sarapan atau buat nemenin minum teh di sore hari ...

Selamat mencoba.......


Selasa, 07 Juni 2016

Killer Soft Bread


Dan Akhirnyaaa.......blog saya bisa kebuka juga.
2 tahun dibiarkan tergeletak tak ada tuannya heheh,,,,,lebayyy
Postingan pertama di tahun 2016...

Late Post yaa....
Bikinnya dah dari kemaren2....Killer Soft Bread ,suka sama resep satu ini,tekstur roti lembut.
Karena saya hobi banget bikin roti.....suka coba resep2 baru...
ini salah satu resep yang recommended deh ....
Yang mau cobain cuss yook simak resepnya


KILLER SOFT BREAD
by Victoria Bakes
Bahan :
260 gr tepung terigu protein tinggi
30 gr gula pasir
3 gr ragi instan
1 butir telur yang ditambah susu cair hingga berat 160-180 gr
30 gr butter / margarin
sejumput garam
Olesan :
1 butir telur
3 sdm susu cair

Cara Membuat :
1. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan hingga tercampur rata.
2. Masukkan campuran telur dan susu, uleni hingga kalis kemudian tambahkan butter dan garam. Uleni kembali hingga kalis dan elastis.
3. Bagi adonan, diamkan selama 10 menit. Bentuk sesuai selera
4. Siapkan loyang yang dioles margarin atau minyak tipis2 saja
5. Taruh adonan roti diatas loyang, diamkan sampai mengembang
5. Oles dengan bahan olesan dan  panggang dengan suhu 170'C 
6. Keluarkan dari oven, panas-panas olesi dengan butter. 

Selamat mencobaaa.....^_^

Kamis, 25 September 2014

Swett Roll Bun

Rumahnya baru sempat dibuka,ada waktu luang juga. Jadi harus beberesin dulu supaya nggak jamuran hihi......kayak apa aja yaa....
Memang kalau dibilang sibuk ya enggak,dibilang nggak sibuk ya sibuk juga . Haduuhhh...maklumlah emak2 setiap harinya berkutat di dapur dan kerjaan.
Alhamdulillah masih diberi sehat oleh Alloh,sehingga masih bisa coret coret di rumah mungilku ini.


Di group memang dulu sempat heboh sama resep roti tanpa menguleni,tadinya tidak tertarik untuk mencoba lama2 kepengen juga. Kebetulan si gantengku signora grande lagi ngadat jadi susah tuh aku mau bikin aneka perotian hihihi.....
Jadinya nyobain resep yang no knead bread,lupa pake resep siapa. Hasil lumayanlah....
Yang kedua aku coba2 pake resep swett roll bun nya mbak Nikmatul  tapi dibentuk pizza,karena anakku doyan. Eh keterusan sampe sekarang pake resepnya mbak nikmatul,makasih udah share ya mbak ^_^

Kali ini pengen berkreasi,adonan nya dibentuk bentuk. Karena ini tanpa proses pengulenan jadi adonannnya memang agak lembek dan harus sabar jika mau dibentuk.
Rasanya enak loh,empuk juga. Tapi jangan dibandingin sama roti yang melalui proses pengulenan sampai elastis yaaa....... pasti ada beda di tekstur dan rasa.
Ini recomended untuk yang nggak mau repot menguleni kayak saya heheeh....
Udah yuukk cekidot resepnya disini...


Sweet Roll Bun
by Nikmatul Rosidah

Bahan : 300 ml susu UHT hangatkan
              50 gr gula pasir
               2 sdt fermipan
               1 butir telur
               56 gr unsalted buter,suhu ruang ( lembutkan dngn garpu + 1 sdt garam )
               450 gr tepung protein sedang
               sedikit buter yang dilelehkan untuk olesan saat roti matang

Cara membuat :
masukan susu hangat ke dalam wadah kemudian tambahkan fermipan. tunggu sampai 5 menit
Tambahkan gula,buter dan telur,campur sampai rata.
Tambahkan tepung terigu,aduk sampai rata dan biarkan sampai mengembang sambil ditutup dengan plastik ataupun lap basah.
Setelah mengembang 2 kali lipat kempiskan adonan dan siap dibentuk sesuai selera.

Sebenarnya adonan ini bisa dikembangkan lagi tetapi saya cuma satu kali proses aja biar cepet hehe....
Untuk polesan nya saya memakai kuning telur dan susu.









Selamat mencoba....

Bakpia



Setelah 2 kali bolos tidak mengerjakan peer ,alhamdulillah untuk peer kali ini akhirnya bisa nyetor juga.
Sebenarnya sudah lamaaa banget pengen coba bikin bakpia,tetapi selalu ada kendala di mood nya hihi.....
Kayaknya ribet banget bikinnya,tetapi nggak juga kok. Setelah  nyoba jadi pengen coba bikin lagi.
Sangat kebetulan sekali group LBT tercinta memberi tantangan bulan ini dengan tema Bakpia,jadi semangat deh bikinnya hehehe.....
Liat postingan teman2 kreasinya cakep2,tertarik ama postingan mbak Fifi,bakpianya keliatan renyah tapi nggak sampe renyah banget. Seperti yang aku ingin.....untuk isiannya aku pake kacang hijau kupas dicampur gula dan santan. Isiannya udah bikin jauh2 hari,pengen nggak telat setor tetapi apa daya tetaplah telat ^_*
Tapi gpp lah yang penting nggak bolos lagi kali ini......
Aku bikin uk kecil aja,satu resep jadi 20 biji,sayang isiannya kurang banyak jadi kurang keliatan heheh....

Langsung aja deh yuuukkkk intip resepnya

Bakpia Renyah
Sumber asli : dari chef Deddy Rustandi
Modief : Mbak Fifi (jajane vivi)

Bahan A :
125 gr tepung terigu
60 gr margarin
40 cc air
25 gr gula halus [aku pake gula pasir ]
sedikit garam

Bahan B :
100gr Tepung terigu
50cc Minyak goreng

Bahan Isi :
125gr Kacang hijau kupas, rendam semalam, kukus, haluskan
25gr Gula halus 
25gr Margarin
50gr Susu bubuk
50gr Keju cheddar parut
1 kuning telur untuk olesan.

Cara membuat :

1. Isi, campur semua bahan isi, aduk rata, bulat dan pipihkan menjadi 10 bagian.
2. Campur bahan A, uleni hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 10 bagian
3. Campur bahan B, uleni hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 10 bagian.
4. Pipihkan adonan A, letakkan adonan B, lipat dan rapatkan kemudian pipihkan lagi dengan rolling pin,           lakukan hingan 2 kali. Kemudian isi kulit adonan dengan isian rapatkan bagian bawahnya dan rapikan.
5. Tata bakpia diloyang, oles dengan kuning telur. Oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

Rasanya enak,orang rumah suka,selamat mencoba



Salam LBT..

Selasa, 25 Februari 2014

Frittata

Frittata merupakan salah satu makanan italia yang berbahan utama  telor. Kalau di indonesia mungkin lebih mudah menyebut telor dadar ya... . Sebenarnya hampir sama,namun frittata ini bisa ditambahkan aneka sayuran,daging dan keju sehingga lebih memperkaya rasa.
Hemmmm ....pasti tambah nyam...nyam deh hehehe.....
Kali ini saya ingin mencoba membuat frittata,namun versi ala kadarnya ya......
Browsing2 ke mbah geogle,ternyata hampir semuanya bahan dan resep sama. Bahan utamanya yaitu  kentang,daging dan keju. Karena najwa kurang suka sama kentang,jadi harus diakalin biar dia mau makannya. Ada salah satu link resep frittata yang membuat saya tertarik,karena kentangnya tidak dicampur dengan telur namun diparut kasar dan dioven terlebih dahulu sampai matang. Kemudian barulah dituang ke adonan telurnya. Pagi2 dah uprek2 di dapur,biar bisa buat bekal sekolah si adek. Ternyata si adek suka,mintadibawain saos pula hehehe.....
Kayaknya dah kepanjangan cerita nih ..yuuk langsung intip resepnya...



Frittata
by Ella Rochma

Bahan I : 250  gr kentang,kupas kulitnya parut kasar dengan potongan memanjang
             : 1 sdm tepung terigu
             : 1 sdm minyak goreng
             : 1 sdt peres garam

Bahan II : 2 buah wortel potong dadu,rebus sebentar
              : daging ayam secukupnya,potong dadu
              : telor 3 butir
              : bawang bombay dan bawang putih secukupnya
              : garam,gula dan lada secukupnya
              : daun seledri
              : Keju cheddar parut

Bahan Topingnya
      : Keju mozarella buat toping
      : Tomat kecil diiris memanjang

Cara membuat :

A. * Campur semua bahan I ,aduk rata
     * Siapkan loyang mufin,olesi dengan mentega,kemudian susun bahan I tadi ke loyang. Ratakan
     * Oven sampai agak kering

B. * Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum kemudian masukkan daging ayam,masak sampai daging matang. Kemudian tuangkan wortel yang sudah direbus tadi. Aduk rata dan sisihkan.
     * Di wadah lain,kocok telor tambahkan bahan tumisan tadi. Tambahkan irisan daun seledri,garam,gula dan lada. aduk dengan rata.

Penyelesaian: Setelah kentang matang,tuang adonan telor sampai penuh beri parutan keju mozarela dan irisan tomat. Oven sampai matang.
Sajikan hangat2 dengan saos tomat dan mayonaise



               

Frittata sangat cocok disajikan buat sarapan atau bekal anak sekolah loh ....Selamat mencoba ^_^